Minggu, 14 Juni 2020

Buku Inspiratif "99 Ideas for Happy Life"



Judul Buku : “99 Ideas for Happy Life”
Pengarang : Jumadi Subur
Tahun Terbit : 2008
Penerbit : Zip Books
Tebal Buku : xvi + 254 halaman


Buku ini merupakan buku motivasi yang cukup ringan yang dapat dikonsumsi tanpa perlu melipat dahi karena konsentrasi penuh yang dibutuhkan dalam memahami isi buku atau istilah sulit yang harus dimengerti lebih dulu untuk dapat memahami maksud yang terkandung dalam buku. Namun bukan berarti dalam menikmati buku ini dapat dilakukan tanpa penghayatan atau sambil lalu. Karena motivasi hidup yang diberikan juga bukan hanya motivasi secara umum untuk dapat meraih kebahagiaan dan kesuksesan, namun juga diambil dari firman Allah SWT yang merupakan sumber kebahagiaan yang hakiki, sehingga dalam mencernanya butuh panghayatan mendalam dan kesadaran penuh sebagai seorang hamba yang selalu diberi nikmat yang tak terhitung oleh Nya.

Jumadi Subur, pengarang buku ini, juga merupakan sosok sukses yang lahir dari sebuah perjalanan hidup yang tidak mudah dan penuh kerja keras. Beliau telah terbiasa hidup sederhana dan bekerja sejak usia sekolah. Kini dengan spesialisasinya dalam bidang komputer dan pengembangan sumber daya insani, beliau kerap memberi pelatihan bidang pemasaran, motivasi, komunikasi bisnis, branding, promosi efektif dan manajemen bisnis lainnya.

Sesuai dengan judul buku ini, 99 Ideas for Happy Life, buku ini berisi “99 ide” yang dapat membuat hidup kita bahagia. Dalam pengemasannya, pada setiap ide disertai dengan gambar menarik yang mewakilinya juga kutipan maupun kata bijak di awal ide yang memudahkan pembaca dalam memahami setiap ide. Di dalamnya juga disertai dengan hal – hal yang memperkuat content yang ada, seperti surat di Al-Qur’an, sekilas mengenai biografi orang sukses, cerita hikmah, puisi, pengalaman pengarang dan cerita dari perjalanan hidup Rasulullah maupun sahabat.

Diawali dengan ide pertama yang berjudul “Jalan Menuju Sukses”. Di dalamnya terdapat sebuah kisah inspiratif tentang jalan menuju sukses yang berupa percakapan seorang murid yang menanyakan arah jalan menuju sukses kepada gurunya. Kisah tersebut merupakan kisah yang sangat pendek namun cukup menarik pembaca ,di awal, untuk terus mengikuti isi buku selanjutnya. Beberapa ide lainnya berisi motivasi saat menghadapi kegagalan dan keterbatasan juga berbagai tips untuk menjaga agar diri tetap bahagia, bersemangat serta terus termotivasi, seperti belajar menghargai waktu, membangun motivasi diri, menentukan prioritas, kemandirian, mengenali potensi, berbagai hikmah di balik kesulitan, dan hal lainnya yang dapat membuat pembaca tersadar akan begitu banyaknya nikmat yang diberikan Allah dan segala potensi yang dapat melejitkan prestasi seseorang yang mungkin masih tersimpan dan ingin segera keluar dari persembunyiannya. Semuanya membuat pembaca merasa dipaksa untuk segera bergerak, beraksi dan menyusun visi dan misi hidup yang jelas mengenai dirinya.

Di sisi lain, buku ini juga berisi nasihat untuk melakukan hal – hal yang dapat me-refresh semangat seseorang seperti membaca Al Qur’an , mengingat prestasi masa lalu, bersilaturrahim, memahami kekuatan do’a, relaksasi, membaca cerita lucu, menonton film motivasi, menikmati indahnya alam, menikmati setiap detik kehidupan, mensyukuri setiap hal dan lain – lain. Setiap poin tersebut dibahas dalam setiap ide dengan kemasan yang menarik.

Mengutip kata-kata bijak yang terdapat dalam buku ini “Sukses adalah 1% bakat, 99% ketekunan. Apa yang anda tanam, itulah yang akan Anda hasilkan. Jangan takut gagal, tapi takutlah untuk tidak pernah mencoba.” Kata bijak itu mungkin dapat selalu mengingatkan Anda bahwa kesuksesan adalah mengenai terus berusaha secara konsisten dengan terus menjaga semangat dan murninya tujuan hanya untuk meraih ridhoNya. Ya, dengan terus berusaha saat yang lain berhenti.

Atau apabila masih merasa sedih, gelisah dan cemas setelah membaca buku ini,mari kita lihat dan hayati kutipan firman Allah yang ada dalam buku ini, yaitu surat Ali Imraan ayat 139 , ”Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang – orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang – orang yang beriman.” serta pada Surat Al-Kahfi ayat 30, “ Sesungguhnya orang – orang yang beriman dan beramal saleh, tentunya Kami tidak akan mengabaikan orang – orang yang melakukan perbuatan baik (itu).”

Dalam firman tersebut, dapat kita tarik pelajaran bahwa tak ada yang perlu dicemaskan dan disedihkan dalam hidup ini apabila Anda memang orang yang beriman karena Allah yang Maha Tahu dan Maha Adil tak kan pernah mengabaikan orang yang beriman dan berbuat baik. Dan alangkah indahnya apabila nantinya Anda malah dapat membagi kebahagiaan dengan orang – orang di sekitar Anda, karena itulah kesuksesan yang sebenarnya.

Pesan terakhir yang ada di buku ini,” Selamat berjuang, Saudaraku! Karena Allah S.W.T. menciptakan kita untuk kemuliaan. Allah S.W.T. menciptakan kita untuk kesuksesan. Sekali lagi, selamat berjuang !

By Kartika Ratna Pratiwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar